Senin, 02 Juni 2014

AMAZING TRAINING ON EDU 2.0

Guru adalah sebuah profesi yang mempunyai nilai lebih, melebihi profesi lainnya di dunia ini. Jadi, tidaklah heran jika Rasululloh bersabda yang antara lain menerangkan ada tiga golongan yang masuk syurga diantara umatnya terlebih dahulu dari pada yang lain, yakni seorang yang dermawan, penguasa yang adil dan yang terutama seorang guru yang mengamalkan ilmunya dengan ikhlas. Luar biasa bukan, maka jangan berputus asa atas rezeki Alloh wahai para guru! Anda dan saya adalah ahli syurga!

Namun demikian, bukan berarti berhenti sampai pada kebanggaan tersebut. Guru akan lebih mempunyai makna jika seorang guru terus belajar dan mengembangkan keprofesionalannya.
Nah, sebagai salah satu sarana pengembangan keprofesionalan tersebut di zaman yang penuh dengan kecnggihan teknologi adalah memanfaatkannya sebagai media belajar. Media belajar diperlukan untuk semakin menambah ketertarikan siswa dalam proses belajar mengajar selain memberi ruang efesiensi. Guru kini tidak lagi mendominasi sumber informasi belajar bagi siswa, banyak sumber lain yang justru lebih menarik bagi mereka. Jadi, perintah Alloh untuk selalu belajar sangatlah relevan untuk profesi seorang guru.

Training yang dilaksanakan oleh Komunitas guru melek IT yang dipelopori oleh master IT Bapak Sukani salah satu sarananya. Untuk itulah saya yang masih remang-remang dalam teknologi ini mengikutinya. Dalam rangka menambah nilai lebih dari seorang guru yang termat dangkal ilmu teknologi informasi ini. Seperti musafir di padang pasir, semuanya saya lahap sampai mungkin banyak kesalahan yang saya lakukan dalam mengikuti trainin online ini. Namun demikian lebih baik salah dari pada tidak melakukan sama sekali bukan?

Satu kat yang keluar dari mulut saya untuk pelatihan ini : AMAZING!

Pelatihan yang mudah diikuti bagi yang sudah melek IT, tetapi bagi saya ini tantangan bahwa seorang guru mestilah mampu mengatasi keterbatasan yang dimiliki dengan memperkaya khasanah keilmuan lain untuk mendukung profesinya. apapun itu pasti bermanfaat bagi kita, guru. Menu-menunya yang menantang, tugas-tugasnya yang membangkitkan selera belajar dan motivasinya juga tidak ketinggalan menstimulus naluri kemanusiaan seorang pembelajar.

Deadline-deadline yang membuat kita tertantang untuk menyelesaikannya, tetapi masih relatif bisa diatasi jika kita bersungguh-sungguh. Sekali lagi ini adalah pelatihan pertama yang saya ikuti secara online dan AMAZING buat Pak Sukani dengan tarining guru melek IT di EDU 2.0. Semoga orang pertama yang masuk syurga sesuai kategor sabda nabi itu adalah Mr. Sukani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar