Selasa, 03 Juni 2014

Pemanfaatan Teknologi Untuk Media Pembelajaran










Kedua permasalahan tersebut tentunya guru yang pernah menggunakannya akan mengalaminya.Tentu saja, siswa gitu loh, harus gaul! Nah, perilaku selama belajar juga harus dikendalikan jika tidak ingin penyimpangan perilaku seperti ini terjadi. Kita memang harus pandai-pandai menarik ulur terhadap perilaku siswa agar tetap fokus pada proses pembelajaran. Tidak mudah memang, tetapi begitulah realitasnya.

Teknologi memang sangat membantu guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Namun demikian disamping kegunaan tersebut teknologi juga dapat menjadi bumerang bagi guru manakala kebermanfaatannya tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa. Bagaimanapun, tetap tolok ukur keberhasilan guru mengajar dikelas atau diluar kelas adalah hasil belajar. Jika hasil belajar yang dicapai rendah maka kebermanfaatan teknologi sebagi media pembelajaran menjadi tidak berarti.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemampuan guru terhadap teknologi yang dipakai. Sebab tidak jarang, guru pada akhirnya hanya memerintahkan siswa mencari materi yang diajar melalui perangkat teknologi dan internet tetapi pengawasannya lemah. Demikian ini bisa terjadi karena guru menyikapinya dengan harapan siswa mencari sumber belajar sendiri, guru bisa santai tidak bekerja keras dan materi tercapai. Belum tentu bukan?

Ketika seorang guru berniat menggunakan teknologi sebagai media ajar maka sudah seyogyanya apaun teknologi tersebut harus dikuasai terlebih dahulu. Guru mengetahui kelebihan dan kekurangannya, pemanfaatannya dan efek yang ditimbulkan karena pemakaiannya. Hal ini agar tujuan yang telah ditetapkan dalam rancangan program pengajaran dapat dicapai dengan efektif dan efisien, guru bertambah wawasan keilmuannya dan siswa terbuka pola berfikirnya, tujuan pembelajaran tercapai dengan baik.

Pemanfaatan teknologi (baca : internet) sebagai sumber belajar bukan lagi sebagai gaya mengajar agar terlihat keren dan dianggap melek teknologi, lebih dari sekedar itu pemanfaatannya adalah utnuk tujuan mulia agar siswa sebagai peserta didik memperoleh ilmu yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar